Pencarian SPBU Terdekat dan Penentuan Jarak Terpendek Menggunakan Algoritma DIJKSTRA (Studi Kasus di Kabupaten Jember)

Main Article Content

Windi Eka Yulia Retnani
Dwiretno Istiadi
Abdul Roqib

Keywords

Abstract

Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) untuk umum merupakan prasarana yang disediakan PT Pertamina untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar. Prasarana ini cukup penting di semua kota, salah satunya Jember. Akses informasi letak dan fasilitas SPBU di Kabupaten ini masih sangat sulit didapatkan. Penelitian ini membahas tentang pemetaan lokasi, pencarian lokasi, dan penentuan jalur terpendek untuk mencapai lokasi SPBU tersebut. Pencarian SPBU terdekat pada penelitian ini menggunakan algoritma Dijkstra. Hasil dari penelitian ini adalah pencarian SPBU terdekat dipengaruhi oleh kriteria, cost, dan reverse _cost. Dimana untuk jalan satu arah diberikan nilai reverse _cost sebesar 1000000, sehingga jalan ini tidak akan pernah dipilih.

References

[1] Arifin, Edy Burhan. 2006. Pertumbuhan Kota Jember dan Munculnya Budaya Pandhalungan. Jakarta : Konferensi Nasional Sejarah VIII.

[2] Gusmao, Antonio, dkk. 2013. Sistem Informasi Geografis Pariwisata Berbasis Web Dan Pencarian Jalur Terpendek Dengan Algoritma Dijkstra. Jurnal EECCIS Vol. 7, No. 2.

[3] Darmawan, Artha Eka, dkk. Tanpa Tahun. Sistem Informasi Geografis Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Di Kota Batam. Jurnal Fakultas Teknik Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

[4] Arifianto, Sofyan. 2012. Sistem Aplikasi Penentuan Rute Terpendek Pada Jaringan Multi Moda Transportasi Umum Menggunakan Algoritma Dijkstra. Tesis. Program Studi Magister Sistem Informasi Universitas Diponegoro Semarang.

[5] Purwananto, Yudhi, dkk. 2005. Implementasi Dan Analisis Algoritma Pencarian Rute Terpendek Di Kota Surabaya. Jurnal Penelitian dan Pengembangan TELEKOMUNIKASI. Vol. 10, No. 2.

[6] Sanan, dkk. 2013. Shortest Path Algorithm. International Journal of Application or Innovation in Engineering & Management (IJAIEM). Volume 2, Issue 7.