Memperbaiki Tegangan dan Rugi–rugi Daya pada Sistem Transmisi dengan Optimasi Penempatan Kapasitor menggunakan Algoritma Genetika

Main Article Content

Syukri Yunus
Heru Dibyo Laksono
Putri Nidya

Keywords

Abstract

Electric power system is said to have a high degree of reliability if the system is able to provide a supply of electrical energy required by consumers continuously. Power loss that occurs in line resulting voltage drop on the line and cause a loss due to the decreasing reliability of the system to supply power to the load. To reduce the power loss in the line do installation of capacitors. Installation of capacitors conducted by calculating the position of the placement and size, so that placement of capacitors that do can be optimized to reduce losses that occur. Optimal methods are quite effective is algorithm genetics. In this method, capacitor placement is done with the chromosome leads to the selection obtained. The best results will be obtained from a chromosome that contains a condition that there is optimum placement of capacitors that can minimize power loss that occurs in the channel as well as minimize the amount of use of the capacitor. The comparison can be done by using Newton Raphson power flow between before and after forging capacitor.

Keywords : Power losses, voltage, algorithm genetics, capacitors, chromosome


Abstrak— Suatu sistem tenaga listrik dikatakan memiliki tingkat keandalan yang tinggi apabila sistem tersebut mampu menyediakan pasokan energi listrik yang dibutuhkan oleh konsumen secara kontinyu. Rugi–rugi daya yang terjadi pada saluran mengakibatkan turunnya tegangan pada saluran dan menyebabkan kerugian karena semakin berkurangnya keandalan sistem dalam menyalurkan listrik ke beban. Untuk mengurangi terjadinya rugi–rugi daya pada saluran dilakukan pemasangan kapasitor. Pemasangan kapasitor dilakukan dengan memperhitungkan posisi penempatan serta ukurannya, agar penempatan kapasitor yang dilakukan dapat optimal dalam mengurangi rugi–rugi yang terjadi. Metode optimasi yang yang cukup efektif adalah algoritma genetika. Pada metode ini, penempatan kapasitor dilakukan dengan mengarah pada pemilihan kromosom yang diperoleh. Hasilnya akan diperoleh kromosom terbaik dari sebuah populasi yang ada yang berisi kondisi optimum penempatan kapasitor yang dapat memperkecil rugi–rugi daya yang terjadi pada saluran sekaligus meminimalisir banyaknya penggunaan kapasitor. Perbandingan yang bisa dilakukan dengan menggunakan aliran daya Newton-Raphson antara sebelum dan sesudah penempatan kapasitor.

Kata Kunci : Rugi-rugi daya, Tegangan, Algoritma genetika, Kapasitor, Kromosom.


References

[1] http://stlftui.wordpress.com,_diakses 29 Oktober 2014.
[2] http://ghojer.blogspot.com,_ diakses 26 Desember 2014.
[3] Brown, L. A., Williams, A. & Rogers, B., Title of paper, Name of Journal 8, 20-25 (1999).
[4] Brown, L. A., Williams, A. & Rogers, B., Title of book, ed. 2, Publisher (1997).
[5] Alamajibuwono, Hadha. 2011. “Optimasi Penempatan Kapasitor Menggunakan Algorima Genetika pada Sistem Distribusi untuk Memperbaiki Faktor Daya dan Tegangan”. (Tugas Akhir) Semarang: Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.
[6] Suyanto, 2005, Algoritma Genetik dalam MATLAB, ANDI , Yogyakarta
[7] Laksono, Heru Dibyo dan Reri Afrianita. 2007. “Studi Aliran Daya Dengan Metode Newton Raphson”dalam Jurnal Teknik Elektro Unand Padang: Jurusan Teknik Elektro Unand.
[8] Wartana, I Made dan Mimien Mustikawati. 2006. Optimasi Penempatan Kapasitor pada Saluran Distribusi 20 kV dengan Menggunakan Metode Kombinasi Fuzzy dan Algoritma Genetika. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. Yogyakarta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>