Analisa Proses Charging Akumulator Pada Prototipe Turbin Angin Sumbu Horizontal Di Pantai Purus Padang

Main Article Content

Melda Latif
Refdinal Nazir
Hamdi Reza

Keywords

Abstract

Tenaga listrik merupakan kebutuhan vital untuk pembangunan ekonomi dan pembangunan sosial. Hampir semua aktifitas sehari-hari dan perindustrian tidak lepas dari penggunaan tenaga listrik. Akan tetapi tidak semua daerah bisa menikmati energi listrik karena keterbatasan jangkauan sumber energi listrik oleh Pembangkit Listrik Negara (PLN). Karena tidak semua daerah menerima pasokan listrik PLN, maka kita bisa mendapatkan energi listrik dari energi angin yang merupakan energi terbarukan dan ramah lingkungan. Energi listrik  yang berasal dari turbin angin sumbu horizontal disimpan di akumulator (baterai). Akumulator merupakan sumber energi listrik portable yang bisa digunakan dimana saja dan kapan saja. Energi listrik pada akumulator juga bisa habis jika digunakan terus menerus dan bisa diisi (charging) kembali dengan input listrik DC yang berasal dari sistem konversi energi angin. Output dari turbin angin sumbu horizontal ini adalah tegangan AC 3 fasa. Dalam penelitian ini digunakan transformator, rectifier, dan dioda sebelum diteruskan ke akumulator. Turbin angin sumbu horizontal dipasang di daerah pantai Purus Padang. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa alat dan rangkaian yang dirancang bisa melakukan proses charging dengan kecepatan angin minimum yang diperlukan untuk menghasilkan tegangan output 12 Volt DC adalah 4,5 m/s atau dengan kecepatan putar generator turbin angin sebesar 450 rpm.

Kata kunci: energi terbarukan, angin, turbin angin sumbu horizontal, akumulator, transformator, rectifier, dioda

References

[1] Daryanto. Y. Kajian Potensi Angin Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Bayu. Yogyakarta: Balai PPTAGG. 2007.
[2] Puriza, M. Yonggi. 2012. Tugas Akhir: Perancangan dan Pembuatan Prototipe Turbin Angin Sumbu Horizontal. Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas. Padang.
[3] Erich Hau, Wind Turbines Fundamentals, Application, Economics, 2ndEdition, terjemahan Horst von Renouard, Springer, Germany, 2005.
[4] Nasar, Syed A..Electric Machines and Power Systems. Volume 1: Electric Machines. USA: McGraw Hill, Inc.. 1995.
[5] Adityawan, Aurino P. dkk. Sistem Pengisian Batteray Lead Acid Secara Adaptive. Jurusan Teknik Elektronika, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Kampus PENS-ITS Sukolilo, Surabaya.
[6] Mohan/Undeland/Robbins, “Power Electronics, Converters, Applications, and Design
[7] Muhammad H. Rashid, “PoerElectronics, Circuits, Devices, and Applications.
[8] [Maxime Roger Joseph Dubois, “Optimized Permanent Magnet Generator Topologies for Direct-Drive Wind Turbines”, Canada, 2004

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>