Optimalisasi PID Power System Stabilizer Menggunakan Fire Fly Algorithm Pada Sistem Pembangkit Listrik Jawa-Bali

Main Article Content

Adi Kurniawan

Keywords

Abstract

Perubahan nominal beban menyebabkan terjadinya osilasi frekuensi dan tegangan generator pada sistem pembangkit multi mesin. Oleh sebab itu, perlu adanya kompensator yang dapat memperbaiki kestabilan frekuensi dan tegangan sehingga osilasi terjadi hanya dalam waktu yang singkat dan dengan amplitudo yang kecil. Pada makalah ini, dirancang kontroler untuk meningkatkan kestabilan dinamik pada sistem pembangkit listrik Jawa-Bali. Kontroler yang diusulkan adalah PID Power System Stabilizer (PSS) yang dituning dengan Fire Fly Algorithm (FFA). Hasil simulasi penerapan kontroler pada sistem pembangkit listrik Jawa-Bali menunjukkan bahwa kontroler yang diusulkan dapat meredam osilasi secara cepat dan dengan amplitudo yang rendah bila dibandingkan dengan sistem tanpa kontroler

References

Diantoro, I.W., Perbaikan Kestabilan Dinamik Menggunakan Unified Power Flow Controller (UPFC) Berbasis Particle Swarm Optimization (PSO) Pada Sistem Tenaga Listrik, Thesis Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (2012).
Vournas, C.D., Sauer, P.W., Pai, M.A. Relationships between voltage and angle stability of power systems, Electrical Power and Energy Systems, 18, 493-500 (1996).
Rouco, L., Coordinated design of multiple controllers for damping power system oscillations, Electrical Power and Energy Systems, 23, 517-530 (2001).
Soeprijanto, A., Pemodelan Untuk Kestabilan Dinamik, Diktat Mata Kuliah Kestabilan Sistem Tenaga Listrik, ITS
Bhattacharya, K., Kothari, M.L., Nanda, J., Aldeen, M., Kalam, A., Tuning of power system stabilizers in multi-machine systems using ise technique, Electrical Power Systems Research, 46, 119-131 (1998).
Lukasik, S., Zak, S., Firefly Algorithm for Continuous Constrained Optimization Task, Polish Academy of Sciences, System Research Institute (2009).