Desain Sistem Kontrol Traffic Light Adaptif pada Persimpangan Empat berbasis PLC Siemens

Zulfikar ., Tarmizi ., Oktavina .

Abstract


Traffic light yang ada saat ini masih menggunakan waktu tetap sebagai pengendali nyala lampunya. Namun sistem ini memiliki kekurangan, salah satunya pada jam sibuk kendaraan harus menunggu lama disalah satu jalur. Sehingga diperlukan suatu sistem kontrol traffic light yang dapat memprioritaskan jalur yang lebih padat kendaraan. Kontrol traffic light adaptif bekerja dengan mendeteksi jumlah antrian kendaraan pada suatu jalur. Sistem ini bekerja dengan sensor yang mendeteksi panjang antrian kendaraan. Terdapat tiga sensor yang akan mendeteksi panjang antrian kendaraan pada setiap jalur. Jika antrian kendaraan mencapai sensor pertama maka waktu yang diberikan pada lampu hijau adalah 5 detik lebih lama dari waktu normal pada jalur tersebut. Jika antrian kendaraan mencapai sensor kedua maka waktu yang diberikan pada lampu hijau adalah 10 detik lebih lama dari waktu normal dan jika antrian kedaraan telah mencapai sensor ketiga sistem akan memberikan waktu nyala lampu hijau sangat lama yaitu 15 detik lebih lama dari waktu normal. Pada sistem kontrol traffic light adaptif ini terdapat dua buah sensor kemacetan yang diletakkan pada pertengahan jalur simpang empat yang akan menghidupkan seluruh lampu merah jika terjadi hal tidak terduga seperti saat setelah padamnya aliran listrik. Dengan sistem kontrol traffic light adaptif ini waktu terlama antrian kendaraan adalah 92 detik, jika seluruh sensor pada setiap jalur bekerja dan waktu tercepat adalah 47 detik yaitu waktu pada saat normal.

Kata kunci: Traffic light, PLC Siemens Simatic S-7 300, Sensor Kemacetan, Traffic Light Adaptif.

Abstract—Nowadays, traffic lights are using a fixed time as on-off light signal controller. However this system has many disadveantages, such as vehicles have to queue long time in certain road section (lane) at rush hour. As a consequence, it reguires a traffic light control system that can prioritize a more dense lane. Adaptive traffic light control detects the number of queues of vehicles on the lane. Sensors detect the vehicle queue’s length. There are three sensors that will detect queues’s length of vehicles on each lane. When the queue of vehicles reached the first sensor, the green light will be on longer 5 seconds compare to the normal traffic. When the queue of vehicles reaches the second sensor, the green light provide 10 seconds more compare to the normal traffic and if the queue of vehicles reaches the third sensor, the green light will be longer whic is about 20 seconds compare. In this adaptive traffic light control system, there are two jam sensors installed in the middle of the intersection that will turn on all the red lights when there is an unexpected problems happened. This adaptive traffic light control system will provide the longest queuing time 92 seconds, when all sensors on all lanes active and the fastest time is 47 seconds which is the time when the normal system.

Keywords: Traffic light, PLC Siemens S-7 300, Traffic Sensor, Adaptive Traffic Light.


Full Text:

PDF

References


Tjia May On, Mardjoko Pono Budi, Martanto Nato, Sistem Pengaturan Lampu Lalu Lintas Secara Sentral dari Jarak Jauh, Jurnal Teknik Elektro, Vol. 9, No. 27, 71-78, Oktober 2007

Handry Khoswanto, Lim Resmana, Ling Budy Lie Sin, Traffic Light Controller Menggunakan Media RF, Jurnal Teknik Elektro, Vol.5, No.1, 25-31, 2005

Afit Al-Farit, Rachmadi, M. Febrian Masum, M. Anwar, Wibowo Adi, Jatmika Wisna, 12 November 2011, Implementasi Prototipe Sistem Pengaturan Lampu Lalu Lintas Terdistribusi Dengan Optimasi Pengenalan Dan Penjejakan Kendaraan Berbasis Pemrosesan Video, KNS & I11-039

Zulfikar, Tarmizi dan Agus Adria, Perancangan Pengontrolan Traffic Light Otomatis, Jurnal Rekayasa Elektrika Vol. 9, No. 3, April 2011

Andalia, Susiana, Perancangan Prototif Traffic Light Berbasis Mikrokontroler AT89S52, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatra Utara, Medan, 2005

Kurniawan, Iwan Y. S., 2012, Prototype Traffic Light Adaptif untuk Pertigaan Ruas Jalan Berbasis Programmable Logic Controller (PLC) Omron, Jurusan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 2012

Wicaksono, Handy, Programmble Logic Controller: Teori, Pemograman dan Aplikasi Otomatis Sistem, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2009

SIEMENS Company, 2007. SIMENS Simatic S7-300 Getting Started for Fisrt Time Users. s.l.:SIEMENS.




DOI: https://doi.org/10.25077/jnte.v4n1.137.2015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

        

 

.
 Statistic and Traffic