OTOMATISASI SENSOR LOAD CELL UNTUK MENGATASI OVERLOAD KENDARAAN

Rahmadi Kurnia, Rifki Firdaus, Lucyana Lufti, Muhammad Habib Anshor

Abstract


Kelebihan muatan merupakan suatu hal yang sering diabaikan oleh para pengemudi. Padahal, kelebihan muatan memberikan dampak di berbagai sisi. Peningkatan emisi gas buang, kerusakan badan jalan, bahkan kecelakaan lalu lintas dapat diakibatkan oleh kelebihan muatan kendaraan. Jembatan timbang merupakan seperangkat alat untuk menimbang kendaraan yang dipasang secara tetap merupakan solusi yang ditawarkan pemerintah untuk mengatasi masalah tersebut.  Namun sayangnya masih sering ditemukan pengemudi yang mengangkut beban melebihi batas angkut yang ditetapkan oleh pemerintah. Tujuan perancangan ini adalah menghasilkan prototipe kendaraan bak terbuka yang mampu mencegah mesin kendaraan tersebut beroperasi dengan kondisi beban berlebih dengan mengetahui hasil pembacaan sensor load cell. Perancangan sistem dan prototipe ini merupakan perancangan yang menyerupai sistem lift. Alarm peringatan, pintu tidak dapat ditutup serta lift tidak dapat dioperasikan merupakan indikator yang menandai bahwa lift dalam kondisi kelebihan muatan. Dengan mengadopsi sistem lift ini, maka dirancanglah suatu prototipe machine-stopping system suatu sistem built-in yang terdiri dari komponen berupa buzzer, relay, LED dan motor servo yang akan menghalangi suatu kendaraan beroperasi dalam keadaan kelebihan muatan.

References


T. R. Zulkarnaen, “IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN MUATAN LEBIH (Studi Kasus pada Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara),” vol. 2, no. 1, hal. 209–231, 2011.

E. Afrizal, N. Carlo, dan Rahmat, “Analisa pengaruh muatan berlebih terhadap umur rencana perkerasan jalan,” Universitas Bung Hatta, 2014.

W. Wahyudi, A. T. Mulyono, dan W. Santosa, “Pengaruh muatan lebih beban gandar kendaraan berat angkutan barang terhadap peningkatan oksida karbon,” Transportasi, vol. 13, no. 2, hal. 85–92, 2013.

Y. Deng dan B. M. Phares, “Automated bridge load rating determination utilizing strain response due to ambient traffic trucks,” Eng. Struct., vol. 117, no. June, hal. 101–117, 2016.

D. B. Susilo, H. Wibawanto, dan A. Mulwinda, “Prototype Mesin Pengantar Barang Otomatis Menggunakan Load Cell Berbasis Robot Line Follower,” Sci. J. Informatics UNNES, vol. 10, no. 1, hal. 23–29, 2018.

A. Yudamson, A. Trisanto, dan F. X. A. Setyawan, “Rancang Bangun Model Lift Cerdas 3 Lantai Dengan Menggunakan PLC Omron Zen 20C1AR-A-V2,” hal. 1–9.

L. Limasari, “RANCANG BANGUN PENGUKUR MASSA MENGGUNAKAN LOADCELL BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51,” universitas DIPONEGORO, 2009.

Avia, “HX711 datasheet{ 24-Bit Analog-to-Digital Converter (ADC) for Weigh Scales},” vol. 9530, no. 592, hal. 1–9, 2019.

M. Mcroberts, Beginning Arduino. Paul Manning, 2010.




DOI: https://doi.org/10.25077/jnte.v8n2.666.2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

        

 

.
 Statistic and Traffic