Desain dan Implementasi Akuisisi Data Suhu Murid Sekolah Berbasis Arduino Untuk Monitoring Kesehatan Komunal

Munaf Ismail, Arttini Dwi Prasetyowati, Jenny Putri Hapsari

Abstract


Abstrak—Jumlah kasus demam berdarah dengue sebanyak 1.204 kasus terjadi di provinsi Jawa Tengah pada periode Januari 2019. Salah satu sekolah dasar di kecamatan Genuk kota Semarang terjadi endemi, dimana 2 siswa meninggal dan 5 siswa lainnya dirawat di rumah sakit karena difteri pada tahun 2018. Kesadaran untuk menjaga kesehatan dan memeriksa kesehatan secara teratur di rumah atau sekolah penting untuk menghindari generasi penerus bangsa dari penyakit berbahaya. Penelitian ini merancang dan mengimplementasikan sensor suhu tubuh yang terintegrasi dengan sensor sidik jari basis Arduino serial komputer. Akuisisi data suhu tubuh siswa sangat penting pada anak-anak yang tidak dapat memahami demam tubuh mereka. Inovasi sensor suhu MLX90614 dikombinasikan dengan sensor sidik jari berbasis Arduinoserial komputer. Aplikasi ini berfungsi sebagai perekam suhu tubuh siswa dan kehadiran siswa untuk disimpan di komputer. Hasil pengukuran menunjukkan hasil yang baik karena kesalahan rata-rata di bawah 5%, kesalahan terbesar adalah 3,41% dan terendah adalah 2,01%. Hasil pengukuran juga menunjukkan nilai presisi tertinggi 95,88% dan akurasi tertinggi 99,24%. Database suhu siswa akan berfungsi sebagai deteksi dini demam siswa serta pemeriksaan kesehatan berkala sebagai upaya bersama untuk menjaga kesehatan anak-anak sekolah dan memberikan informasi yang akurat ketika siswa sakit dan dibawa ke dokter.

Full Text:

PDF

References


A. Wardiyah, Setiawati, and U. Romayati, “Perbandingan Efektivitas Pemberian Kompres Hangat dan Tepid Spoge terhadap Penurunan Suhu Tubuh Anak yang Mengalami Demam di ruang Alamanda RSUD dr.H Abdul Moeloek,” Kesehat. Holistik, vol. 10, no. 1, pp. 36–44, 2016.

Ishmatul Fajriyah, “Hubungan Pengetahuan Ibu dan Dukungan Keluarga Dengan Status Imunisasi TD Pada Sub PIN Difteri,” J. Berk. Epidemiol., vol. 2, no. 3, pp. 404–415, 2014.

“Kasus dbd di jateng capai 1204 kasus kepala dinkes bukan angka luar biasa,” Jateng Tribun, 2019.

P. M. D. Megha S Patel, Khayati M Kakkad, Snehal V Patel, Nayan J Patel, Vishesh I Patel, “A Comparative Study of Accuracy of Non-contact Infrared Thermometry and Axillary Digital thermometry in neonates,” Gujarat Med. J., vol. 69, no. 2, pp. 103–104, 2014.

M. Adhi, R. Hasan, F. Noman, S. F. Mahmood, A. Naqvi, and A. U. H. Rizvi, “Range for normal body temperature in the general population of Pakistan,” J. Pak. Med. Assoc., vol. 58, no. 10, pp. 580–584, 2008.

R. Alfanz, A. Nurhadi, and J. A. Laksmono, “Perancangan dan Implementasi Sistem Monitoring Produksi Biogas pada Biodigester,” J. Nas. Tek. Elektro, vol. 5, no. 1, pp. 2–8, 2016.

R. Aziz and . K., “Uji Performansi Kontrol Suhu dan Kelembaban Menggunakan Variasi Kontrol Digital dan Kontrol Scheduling untuk Pengawetan Buah dan Sayuran,” J. Nas. Tek. Elektro, vol. 4, no. 2, p. 215, 2015.

G. A. Dinata, “RANCANG BANGUN ALAT PENGUKUR SUHU TUBUH MANUSIA DENGAN NON-CONTACT THERMOMETER,” UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017.

S. Istiono Majid, Endang Dian Setioningsih, “Monitoring BPM, Suhu dan Respirasi Tampil PC via Bluetooth dan Pengiriman Data via SMS (Monitoring BPM dan Pengiriman Data via SMS,” Politeknik Kesehatan Surabaya, 2018.




DOI: https://doi.org/10.25077/jnte.v8n2.640.2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

        

 

.
 Statistic and Traffic